Sabtu, 15 Oktober 2011

Komponen Komponen Penting Dalam CPU

HARDWARE

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Seperti yang kita tahu bahwa komponen hardware ada yang disebut Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak dari komputer yang menjadi kendali utama komputer. Terdapat banyak komponen-komponen didalamnya, diantaranya Mainboard atau Motherboard, VGA card, RAM, sound card, power supply, dan lain-lain.

  • MOTHERBOARD
Motherboard berfungsi sebagai tempat untuk memasang atau meletakkan berbagai komponen, misalnya prosesor, VGA card, sound card, memori, dan lain-lain.
Letak nya berada di dalnam CPU


  • PROCESSOR


Processor berfungsi sebagai pusat untuk memproses segala sesuatu yang akan dilakukan oleh komputer. Boleh dikatakan bahwa processor merupakan otak dari sebuah komputer, pusat untuk mengontrol dan memproses kerja sebuah komputer.
Letak nya menempel pada Motherboard .

  • VGA 

VGA berfungsi untuk mengolah gambar yang akan ditampilkan ke monitor.
Berdasarkan letaknya, VGA dibagi menjadi 2 macam yaitu VGA onboard dan VGA add-on.
1. VGA onboard adalah VGA yang sudah tertanam pada motherboard. VGA onboard ini menggunakan memori utama / RAM sebagai memory VGA alias share memory dan processor sebagai pengolah gambar.
2. VGA add-on adalah VGA yang terpisah dengan motherboard yang memiliki interface PCI Express atau AGP. Pada VGA add-on sudah memiliki GPU dan memory sendiri.
Letak nya pun menempel pada Motherboard

  • RAM
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random
 dan juga dapat diubah sesuai dengan keinginan kita, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data.

Letaknya sama seperti VGA dan Processor, RAM pun menempel pada Motherboard

  • BIOS BATTERAY

BIOS BATTERY berfungsi untuk mengaktifkan dan menjalankan fungsi jam, serta menyimpan setting BIOS
Letaknya menempel pada Motherboard juga


  • SOUND CARD
Sound card adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara dan menyediakan port-port inputan dan outputan.
Letak Sound card biasanya telah disediakan secara onboard di motherboard.


  • POWER SUPPLY

Power supply unit (PSU) berfungsi untuk memasok daya ke komponen lain pada PC. Semua komponen PC (selain power supply) akan memperoleh pasokan daya dari power supply tersebut.
Letak nya berada di bagian belakang dan teratas dalam CPU.

  • OPTICAL DISC DRIVE


Optical Disc Drive berfungsi jika kita ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD.  Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya.




  •  CD-ROM

CD-ROM / CD Drive adalah media penyimpanan data/informasi lainya melalui cd. Hampir mirip dengan floppy disk hanya medianya saja yang berbeda 
Letak nya berada di bagian depan dan teratas di dalam CPU (diatas Floppy disk).

  • HARDISK (STORAGE)
tampilan belakang

tampilan depan
Harddisk  berfungsi sebagai media panyimpanan data yang bersifat non-volatile, maksudnya walaupun tidak ada aliran listrik, data yang sudah kita simpan dalam harddisk tidak akan hilang.
Letak Hardisk berada di bawah Floppy Disk.



  • FLOPPY DISK



    Floppy Disk adalah media yang bisa dilepas dan mengijinkan kita dengan sangat mudah untuk memasukkan dan mengambil informasi
    melalui media disket.Letaknya berada tepat di bawah CD-ROM

    • MONITOR
      Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik.
    • KEYBOARDKeyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu.
    • MOUSE
      Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. 



    4 komentar:

    1. ..min ada software hack fb yg bisa di jalankan gak ?',..

      BalasHapus
    2. Dikasih panah biar tau dng yg mana. Dikasih gambarny doang gk jelas yg mana

      BalasHapus
    3. Dikasih panah biar tau dng yg mana. Dikasih gambarny doang gk jelas yg mana

      BalasHapus